Safety Riding ( Part I )

Part I

(Posisi Ketika Touring / Konvoi)

Istilah TOURING sudah dikenal sejak lama, namun beberapa baru mengenalnya. Ada aturan aturan yang diterapkan ketika kita berada dijalan, khususnya ketika konvoi atau ketika kita touring. Sekarang admin tidak akan membahas yang aneh aneh, hanya berbicara tentang posisi dan susunan ketika kita melakukan konvoi atau touring (lebih dari 5 pasukan)

Ok langsung saja, kita membahas posisi terdepan.

Safety Officer : petugas pengamanan jalan, atau biasa disebut dengan Tim Patwal. tugas khususnya adalah membuka jalan dan memberikan jalan kepada iring iringan konvoi maupun touring.

Vorider : Pasukan pertama yang mengkondisikan jalan didepannya, mungkin hapir mirip dengan Safety officer. Namun bedanya adalah untuk vorider adalah pasukan dari iring iringan tersebut, jadi mengerti dan paham kondisi dan kemampuan kendaraan iring iringan. Tugas mereka juga memperlebar jalan yang diberikan oleh Safety Officer, karena Vorider juga harus memperhitungkan panjang dan lebarnya iring iringan.

Road Captain : bertugas menjadi penanggung jawab iring iringan, biasanya posisi ini ditempati oleh Ketua Club atau perwakilan yang ditunjuk oleh ketua club jika berhalangan mengikuti iring iringan.

Team : Adalah orang orang / member peserta iring iringan. Hal – hal yang harus diperhatikan oleh Team adalah : 1. Aba Aba dari depan (Captain Road), 2. Aba aba dari Team depan.

Sweeper Middle : Sweeper yang ada di tengah, tugasnya yakni mengkondisikan barisan bila terlalu panjang dan mengkondisikan barisan belakangnya bila terpaksa terputus dikarenakan traffic light.

Medical Officer : Team khusus untuk kesehatan para ridernya, posisi ini biasanya khusus ada ketika sedang touring. dikarenakan kondisi rider pada saat touring tidak menentu.

Mechanical Officer : Team khusus untuk kesehatan kendaraan, posisi ini biasanya juga khusus ketika sedang touring. dikarenakan kondisi kendaraan pada saat touring juga tidak menentu.

Sweeper : Team khusus yang bertugas mengejar Captain road ketika ada anggota iring iringan yang mengalami trouble yang mengakibatkan menghentikan sejenak iring iringan. Team sweeper disebut team khusus karena persyaratan menjadi sweeper juga agak riber, contohnya : 1. Memiliki kendaraan dengan kondisi stabil, 2. Berani memacu kendaraannya lebih cepat di bandingkan yang lain. Cukup ribetkan itu masih 2, untuk selebihnya kondisional.

dan yang pasti bukan posisi yang menentukan keselamatan,,,tapi

…KEEP SAFETY RIDDING…

Pos ini dipublikasikan di Info, oto dan tag . Tandai permalink.

7 Balasan ke Safety Riding ( Part I )

  1. megapromalang berkata:

    Pertamax premium yo lur seng komen

    Suka

  2. hsscsidoarjo berkata:

    Hadir! divisi makan2 panggone pinggir endi put?? .haha

    Suka

Tinggalkan komentar